Rabu, 31 Januari 2018

#005 Kuminta Bulan Bicara

Ingin pulang membalut luka hatimu,
Ku pun tahu betapa pedih batinmu,
Beri kesempatan atau jatuhkan hukuman,
Andai maaf pun tak kau berikan.

Ada suatu masa, aku terpaksa terpisah dengan keluargaku untuk berapa lama. Terkungkung dan selalu merasa sepi di tengah keramaian. Ketika malam tiba, sering kupandang gelapnya langit di malam hari.  Bulan sabit dikejauhan terlihat muram, seakan berduka terhadap jalan hidup yang tengah kulalui. Bintang meredup tanpa cahaya gemerlap lagi.

Kutelusuri lorong dan kupegang pintu besi kokoh yang memisahkanku dengan kebebasan. Aku menyesal dengan keputusanku beberapa tahun yang silam, aku telah tersesat di jalan yang terang. Tersesat dan terlena dalam pelukan dosa.

Tak terasa pipiku basah oleh air mata. Membayangkan kepedihan dan derita yang kalian alami. Sanak saudara tiada menyapa, tetangga pun sinis penuh prasangka. Kuingin bongkar tembok penjara, karena ingin pulang membalut luka hatimu. Karena aku ikut merasakan betapa pedih batinmu menghadapi kenyataan ini.

Ya Tuhan… beri aku kesempatan, atau biarlah engkau jatuhkan hukuman, hingga aku terkubur di tempat ini, andai maaf itu tak Engkau berikan.

Tadi siang, ketika jam kunjungan tiba, engkau datang menjengukku dengan membawa lauk kesukaanku. Ketika engkau menyajikannya, terlihat air mata tulus jatuh di sudut bibirmu. Kutatap mata mu dengan seksama, tak terlihat dendam di bening mata indahmu. Kenangan itu terus membayang, dan aku merasa sangat berdosa padamu. Aku bertanya pada diriku sendiri, masih pantaskah aku mendampingimu?

Bulan, aku terkurung di sini, maukah engkau bicara padanya, menyampaikan sesaknya hatiku saat ini? Bintang-bintang, maukah menjadi saksi terhadap janjiku ini ?

Tak akan kuulangi, walau sampai akhir nanti, kesalahan yang pernah aku buat. Cukup sampai disini, derita yang kuberikan padamu.

Cipinang,
SaharjoC23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#030 Bhagawad Gita 18

KESEMPURNAAN PELEPASAN IKATAN Arjuna berkata: O Yang berlengan perkasa, hamba ingin mengerti tujuan pelepasan ikatan [tyāga] dan tingkata...